Komputasi Awan Untuk Bisnis

Server yang terbagi secara fisik adalah yang dimaksud dengan istilah ini. VPS, atau Virtual Private Server adalah singkatannya. Teknologi virtualisasi ini untuk mesin yang terisolasi. Cloud VPS menawarkan akses server penuh, baca blog saya.

VPS sekarang menjadi istilah yang banyak digunakan di komunitas IT. Komputasi cloud memberi bisnis kemampuan untuk mengelola semua yang mereka butuhkan dengan cara yang efisien.

Model Layanan Cloud Computing

1. Infrastruktur sebagai Layanan – Dalam model ini, perusahaan cloud hosting menyediakan sumber daya dan layanan kepada pelanggan. Layanan yang ditawarkan meliputi sistem operasi, perangkat lunak, jaringan, penyimpanan, dan sumber daya lainnya. Meskipun konsumen tidak mengontrol infrastruktur cloud yang sebenarnya, mereka masih memiliki kemampuan untuk mengelola penggunaan aplikasi, penyimpanan, dan sistem operasi. Ada kalanya konsumen memiliki akses terbatas ke firewall.

IaaS: Kapan sebaiknya digunakan? IaaS dapat digunakan oleh organisasi dengan modal terbatas dan sumber daya operasional. Ini dapat digunakan untuk organisasi dengan volatilitas tinggi dan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur sementara mereka.

2. Perangkat Lunak sebagai Layanan – Model yang digunakan untuk memelihara dan menyediakan pustaka, program, dan layanan. Infrastruktur cloud meliputi server, jaringan, sistem operasi, dan penyimpanan. Tidak mungkin bagi konsumen untuk mengontrol atau mendukungnya. Konsumen cloud masih dapat mengelola aplikasi dalam lingkungan hosting aplikasi.

Anda dapat menggunakan SaaS dalam berbagai skenario. SaaS harus digunakan untuk aplikasi seluler, aplikasi berbasis web, atau aplikasi dengan permintaan tinggi. Model SaaS juga ideal untuk perangkat lunak dan aplikasi sementara.

3. PaaS atau Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan platform. Layanan ini dapat digunakan untuk membuat arsitektur aplikasi, serta kerangka kerja. Model PaaS memungkinkan pelanggan untuk membangun perangkat lunak mereka sendiri, menggunakan alat dan pustaka yang disediakan oleh host. Pelanggan juga bertanggung jawab atas konfigurasi dan distribusi perangkat lunak. Penyedia hosting hanya bertanggung jawab atas layanan dasar seperti server, penyimpanan, dan jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *